Pentingnya Kalukku bagi Kota Mamuju

0

MAMUJU – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mamuju, Irwan Satya Putra Pababari menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Kalukku, Selasa (03/03/20).

Selain Wakil Bupati Mamuju, dihadiri juga anggota DPRD kabupaten Mamuju dari fraksi partai Nasdem, Camat Kalukku, Kapolsek Kalukku,kepala OPD Pemkab Mamuju, para Kepala Desa Se-kecamatan Kalukku,dan para Tokoh Masyarakat.

Irwan Satya Putra mengatakan musyawarah pembangunan dilakukan dalam rangka menjaring setiap aspirasi masyarakat, yang kemudian di rapatkan melalui jenjangnya di desa, dan selanjutnya melebur usulan kolektif.

“Musyawarah pembangunan adalah cerminan dari kehendak setiap individu yang ada di Kecamatan Kalukku,bukan maunya pak desa, tapi setiap individu yang wajib untuk kita dengar, wajib untuk kita menghayati dimana rasa keadilan itu, agar dapat membuat skala prioritas,” terang Irwan saat membuka kegiatan Musrembang yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Kalukku.

“Setiap musyawarah pembangunan itu cerminan dari bawa dan kemudian dari atas. Seperti dari tokoh masyarakat keterwakilan dari setiap desa,dan dari SKPD datang untuk mendengar, melihat dan merasakan, memberi pertimbangan agar bisa klier apa yang kita pikirkan, untuk didahulukan sesuai keinginan masyarakat,” sambung Irwan.

Lanjut Wakil Bupati Mamuju menyampaikan, dari skala Kabupaten, Kecamatan Kalukku adalah hinterland,,dia adalah penyangga Kabupaten Mamuju, sekaligus penyangga ibu Kota Provinsi.

Untuk itu kata Irwan, pertanian yang ada di Kalukku harus klier, mulai dari infrastruktur, pertimbannya harus klier,jangan sampai ditimpa sesuatu yang tidak produktif.

Wakil Bupati Mamuju juga meminta kepada para Kepala Desa yang ada di Kecamatan Kalukku, agar mengutamakan para tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, untuk lebih berekspresi menyampaikan pemikiran-pemikiran mereka.

“Saya berharap hasil Musrenbang ini yang akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan, transparansi, rasa keadilannya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat,” harap Irwan.

Sementara Sekretaris Bappepan, Haerul Nasrullah dalam kesempatannya mengatakan, arah kebijakan perencanaan pembangunan Kabupaten Mamuju tahun 2021 sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati, yang pertama meningkatkan layanan kesehatan gratis dan pendidikan gratis untuk masyarakat.

“Kedua menjaga kesinambungan dan percepatan pembangunan berwawasan lingkungan, Ketiga mendorong kemandirian ekonomi dengan pertanian sebagai lokomotif utama dalam pengembangan usaha serta industri rumah tangga, dan dimisi ke Empat mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang berkompeten, dan di misi terkahir mewujudkan Mamuju sebagai daerah terbuka berbudaya dan beriman,” ujar Haerul.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Kalukku, Hardu menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju atas perhatiannya selama ini.

Menurutnya jika dibandingkan sepuluh tahun yang lalu,empat tahun terakhir ini lebih terbukti.

“ Saya berharap para Kepala Desa yang hadir dalam kegiatan Musrembang ini, dapat mengusulkan pembangunan di desanya sesuai keinginan masyarakat banyak,” pungkasnya.

HMS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here