Sekdisdikpora Mamuju: Guru Tetap Kontrol Siswa meski Libur!

0
Ilustrasi ruang guru

MAMUJU – Pemerintah Kabupaten Mamuju telah mengeluarkan kebijakan bagi SD dan SMP libur hingga dua pekan, menyusul merebaknya wabah virus Corona  di sejumlah wilayah Indonesia.

Meski kegiatan proses di sekolah berhenti, guru diwajibkan tetap mengontrol pembelajaran siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Sekdisdikpora) Kabupaten Mamuju, Asyahid Ilyas mengatakan, ada prosedur untuk proses kegiatan belajar mengajar yang dikeluarkan selama masa libur, yakni metode sistem online dan offline

Metode online, siswa dipantau melalui aplikasi Ruang Guru. Sementara offline, siswa diberikan tugas sesuai jadwal mata pelajaran.

“Bagi yang offline, orang tua siswa harus paraf tugas yang diberikan guru sebelum masuk hari pertama belajar di sekolah. Setelah masuk sekolah dihari pertama tugas yang diberikan diperiksa oleh guru,” terang A. Syahid Ilyas di ruang kerjanya, Rabu (18/3/2020).

Asyahid Ilyas

Asyahid Ilyas berharap, siswa tidak ketinggalan pelajaran meski sedang libur. Para guru mesti tetap melakukan proses belajar-mengajar.

“Jadi guru tetap kontrol siswa meski libur!” pintanya.

Dilansir Tempo.co terbitan Senin (16/3), PT Telkomsel menggratiskan kuota hingga 30 GB bagi yang ingin mengakses materi belajar di aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara yakni Ruanguru. Kebijakan ini sebagai antisipasi merebaknya virus corona atau Covid-19.

PT Telkomsel dan Aplikasi Ruangguru telah bekerja sama. Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, hal ini merupakan bentuk dan upaya bersama Ruangguru dan Telkomsel dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia, akibat maraknya penutupan aktivitas belajar di sekolah selama situasi darurat kesehatan penyakit corona jenis baru atau COVID-19.

“Untuk memanfaatkan kesempatan ini, pengguna nomor prabayar dan pasca bayar Telkomsel dapat mengaktifkan paket data Rp 0 melalui aplikasi My Telkomsel. Setelah pengguna memasukkan nomor Telkomsel yang aktif, pengguna akan mendapatkan akses data sebesar 30GB untuk akses Ruangguru selama 30 hari sejak tanggal aktivasi,” kata Setyanto, dalam rilis Telkomsel, yang diterima di Kendari, Senin, 16 Maret 2020.

Ia mengatakan, sebagai telco digital company, Telkomsel mendukung upaya gotong royong pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19, dengan berperan sebagai penghubung atau connectivity enabler.

HARLY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here